Resep Membuat Mie Mentah Homemade 1 Telur Kenyal, Beneran Gampang dan Hasilnya Memuaskan

-17Juli2017- Source ci amei cookpad. Alhamdulillah, perdana bikin mie mentah ni msh berantakan hasilnya. Tapi ini resep recommended bgt ngga perlu telur banyak cukup 1 telur, hasilnya mi nya kenyal dan ngga lembek+mengembang setelah direbus..saya buat 2 resep. Bikin mie nya bareng anak2 jadi seru. InsyaAlloh mau buat lagi..beneran gampang+hasilnya memuaskan..

Resep By Diyah Kuntari

Bahan-bahan
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi (cakra)
  • 1 butir telur
  • sedikit garam
  • 50-60 ml air

Langkah
  1. Dalam wadah campur tepung dan garam. Buat lubang di tengah taruh kocokan telur, aduk rata.
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni. Stop penambahan air jika sudah bisa dibentuk agak kalis+adonan agak kering ya bukan lembab kalis kayak roti (saya pake 50 ml air).
  3. Bagi adonan. Gilas sampai halus, saya pakai gilingin mie. Lipat, gilas, lipat gilas sampai dirasa lembaran halus, tidak pecah. Saya dari no 3 ke no 4 aja. Lumuri dgn tepung terigu di semua sisi cetak pada cetakan mie.
  4. Lakukan sama pada adonan berikutnya.
  5. Mie yg sudah dicetak di gantung pada tempat gantungan bisa pake pinggir baskom/tali. Mie sudah bisa diolah dgn cara direbus dalam air mendidih selama 3 menitan, angkat, tiriskan dan beri minyak. Taruh dalam wadah tertutup.
  6. Mie ini bisa bertahan max 2 hari dalam kulkas. Kalau lebih dari 2 hr warnanya sudah berubah jadi kusam. Jadi karena tanpa pengawet dan pewarna buatan jadi sebaiknya langsung digunakan mie nya dalam sehari. Atau bisa disimpan di freezer kalau blm mau dipakai biar awet lama.

Sumber : www.cookpad.com
Back To Top