Olah Nasi Sisa Jadi Apem Nasi Hasilnya Enak, Rasanya Ringan, Kempus, Tekstur Dalamnya Berlubang Cantik

Dua hari yg lalu liat postingan mba Nila s Hanifah, rebake apem Nasi dari resep mba xenia sari, karena ada nasi sisa ikutan buat dech, rasanya itu ringan, kempuss, tekstur dalamnya berlubang cantik dan membal tapi ga mau ketawa kaya punya mba nila. Komposisi terigu di resep mba nila saya kurangi, saya banyakin tepung beras, ntah ini penyebabnya dia mingkem tapi ini enak dan ga ada masalah dg teksturnya. Mamak saya yg apem lover, bilang enak, dia syuuka dan surprise bisa ada apem Nasi artinya saya berhasil..hihihi..
Resep By DapoerAy's

Bahan-bahan
  • 210 gr nasi dingin
  • 150 gr tepung beras
  • 100 gr terigu
  • 150 ml santan
  • 200 ml air
  • 200 gr gulpas
  • 1 sdt ragi instan (sekitar 3 gr)
  • 1/2 sdt garam
  • secukupnya pasta pandan dan pasta stroberi

Langkah
  1. Blender nasi bersama santan dan air sampai kental. Campurkan sisa bahan lainnya dalam satu wadah, aduk rata.
  2. Tuang adonan nasi ke dalam wadah campuran bahan lainnya, aduk rata dg whisker. Tutup plastik wrap ato serbet basah diamkam selama 1 jam.
  3. Setelah 1 jam, panaskan kukusan alasi tutupnya dg serbet bersih. Buka penutup adonan, aduk kembali sampai rata supaya gelembung udara pecah. Gbr adonan stlah di fermentasi 1 jam.
  4. Tuang adonan ke dalam cup, 3/4 cup saja karena proses pengukusan akan bikin dia mengembang lagi. Kukus dg api besar selama 15-20 menit.
  5. Angkat, dinginkan keluarkan dari cetakan. Sajikan dg minuman kesukaan, saya suka teksturnya yg berlubang cantik dan rata..!!

Sumber : www.cookpad.com
Tag : Cemilan, Kue
Back To Top